Banjarbaru – Masih dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Sabtu (8/2/2020) secara simbolis meresmikan Kebun Bibit Desa (KBD) yang terdapat di Provinsi Kalimantan Selatan. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga meresmikan Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia, serta Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia.

Kegiatan peresmian ini adalah sebagai permulaan dari kegiatan pembangunan KBD di seluruh Provinsi Kalimantan Selatan. Kebun-kebun bibit tersebut dimaksudkan untuk menyediakan bibit tanaman kayu-kayuan, serta tanaman Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus mendukung pemulihan fungsi dan daya dukung Daerah Aliran Sungai (DAS).

Namun, fungsi utama KBD adalah menyediakan Bibit-bibit tanaman yang dipergunakan untuk rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) di lahan kritis, lahan kosong atau tidak produktif sebagai salah satu upaya pemulihan lingkungan. KBD berperan untuk memperbanyak tempat-tempat penyediaan bibit yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat di desa, sekaligus sebagai upaya pemberdayaan masyarakat melalui perluasan kesempatan kerja.

Pembangunan KBD dilaksanakan secara swakelola oleh KLHK bersama kelompok masyarakat atau kelompok tani. Melalui RHL, masyarakat dapat memperoleh beberapa manfaat antara lain meningkatkan perekonomian dari nilai ekonomis HHBK berupa kayu, getah, buah, daun, bunga, serat, pakan ternak. Kemudian, RHL juga dapat menyerap tenaga kerja, dan mengurangi tingkat kemiskinan, serta pohon-pohon yang tumbuh dapat menurunkan emisi karbon.

Kegiatan peresmian ini juga bertepatan dengan periode tanam di musim penghujan, yang dimanfaatkan Presiden Joko Widodo dengan menanam pohon Mersawa (Anisoptera marginata Korth.). Penanaman ini juga sebagai simbol Taman Spesies Endemik Inonesia.

Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia berada di areal bundaran kompleks perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan seluas ± 5 Hektare yang akan ditanam 85 tanaman spesies endemik yang berasal seluruh Indonesia antara lain Ulin, Tengkawang, Jeumpa, Matoa, Kepel, Mortolu dan sebagainya.

Kegiatan peresmian ini dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Gubernur Kalimantan Selatan, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) seluruh Indonesia. Turut hadir pula jajaran Pejabat Pimpinan Tinggi Madya KLHK, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama KLHK, Unit Pelaksana Teknis (UPT) KLHK di Kalimantan Selatan, kelompok tani KBD, tokoh masyarakat, pelajar, serta para pemerhati kehutanan.(*)

The post Presiden Joko Widodo Resmikan KBD dan Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia di Kalsel appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Loading...