CILACAP- Seribuan laskar yang tergabung dalam Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Cirebon mengikuti Silaturahmi Nasional (Silatnas) ke-5 Keluarga Besar Macan Ali Nuswantara Cirebon.

Silatnas atau Halal Bihalal tersebut berlangsung di Padepokan Laskar Macan Ali Nuswantara Jl Jambu, Dusun Pesawahan, Desa Karangkandri, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (12/6).

Silatnas tersebut juga diikuti keluarga besar Nahdlatul ulama (NU) Kabupaten Cilacap, Banser, tokoh dan ulama NU, serta dihadiri sejumlah Muspida Kabupaten Cilacap. Hadir pula sejumlah tokoh dan kiyai dari Buntet Pesantren Cirebon.

Selain beramah tamah dan saling bersilaturahmi, seluruh Laskar Agung Macan Ali dan undangan lainnya diberikan siraman rohani oleh Gus Sentot atau KH Sentot Agus Mangku Alam yang merupakan ulama dari Nahdlatul ulama (NU) Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu pula, Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Cirebon Prabu Diaz menandatangani prasasti diresmikannya Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Korwil Cilacap Timur.

Wakil Panglima Tinggi (Wapangti) Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Cirebon wilayah Jawa Tengah, Gus Ali Satrio Azmadkan mengatakan, Laskar Agung Macan Ali merupakan salah satu paguyuban di bawah naungan Aswaja Nahdiyin.

“Alhamdulillah kegiatan silatnas Laskar Macan Ali ke 5 di Cilacap ini dihadiri seluruh laskar dan pengurus Laskar Agung Macan Ali seluruh Indonesia. Yang hadir pada kegiatan ini hampir seribuan orang. Kegiatan silatnas ini juga kami lakukan secara dari atau online untuk anggota Laskar Macan Ali yang tidak dapat datang langsung ke Cilacap,”katanya.

Dijelaskan Gus Ali, tujuan digelarnya silaturahmi Nasional tersebut yakni guna mempererat silaturahmi sesama anggota Laskar Agung Macan Ali juga dengan keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU).

“Dengan diadakannya silatnas ini ke depannya Laskar Agung Macan Ali tetap selalu eksis, tetap selalu guyub dan terus berkarya untuk NKRI,”jelasnya.

Sementara itu, Panglima Tinggi Laskar Macan Ali Nuswantara Cirebon, Prabu Diaz meminta kepada seluruh anggota Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Cirebon untuk terus bersinergi dengan keluarga besar Nahdlatul ulama dan organisasi maupun ormas lainnya, termasuk bersinergi dengan pemerintah juga TNi-Polri.

“Kegiatan Silatnas atau halal Bihalal ke-5 pada tahun 2021 ini dipusatkan di Cilacap yang dihadiri oleh seluruh laskar dan pengurus-pengurus Laskar Agung Macan Ali se Indonesia. Silaturahmi ini bertujuan untuk mempererat jalinan komunikasi antar sesama laskar yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan dengan silatnas ini semoga kita semakin guyub dan semakin bersama dalam melebarkan sayap-sayap syiar Islam dan menjaga kedaulatan NKRI yang ber-Bhineka Tunggal Ika,”ujarnya. (rilis)

Loading...