Mandi saja tidak cukup untuk menjaga kesegaran area sekitar kelamin Anda. Selain bau yang tidak sedap, gagal menjaga kebersihan di bawah sana dapat menyebabkan beberapa masalah seperti infeksi jamur, gatal-gatal dan lecet

Selain mandi tentunya, kata dokter kulit James Collyer, M.D., ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaganya tetap bersih, segar, mulut dan sehat.

Berikut seperti diambil MensHealth.com:

1. Kenakan pakaian dalam yang benar

Meski pakaian dalam berbahan katun sepertinya pilihan terbaik, namun kata Dr. Collyer bahan yang satu ini tidak mendukung perspirasi yang baik. pakaian dalam berbahan microfiber adalah pilihan yang terbaik jika bicara ventilasi.

2. Awali hari Anda dengan bedak talkum

Jika bicara pencegah akumulasi keringat yang juga merupakan salah satu penyebab infeksi, bau tak sedap dan lecet, bedak talkukm, kata Collyer adalah pilihan terbaik. Namun perlu dicatat, penggunaan bedak talkum sangat tidak dianjurkan bagi wanita karena dikaitkan dengan penyebab salah satu jenis kanker.

3. Jangan gunakan pakaian basah

Mengenakan celana dalam yang basah, terlebih setelah berolahraga jangan Anda lakukan karena keringat adalah salah satu penyebab infeksi yang disebabkan bakter yang bersarang pada pakaian dalam.

4. Gunakan sabun dengan pelembab

Hindari penggunaan loofah, scrub dan sejenisnya karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit testis yang sensitif. Sabun dengan pelembab sangat baik untuk menjaga kelembaban di bawah sana yang sekaligus berfungsi untuk membunuh kuman.

5. Rapihkan rambut pubik Anda

Rambut pubik adalah salah satu penyebab bau tak sedap dan menjadi sarang bagi beberap jenis bakteri. Namun karena ia juga berguna untuk mencegah gesekan, maka merapihkan rambut pubik tanpa harus mencukurnya habis, sisakan satu sentimeter hingga 1 inchi cukup untuk mencegah iritasi akibat gesekan dengan pakaian dalam anda. (ruf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here