KOTA CIREBON – Berbagai cara digunakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon untuk sosialisasikan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di masa pandemi Covid-19.

Kegiatan sosialisasi yang dipilih hari ini yaitu dengan cara sepeda santai. Diikuti oleh sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemda Kota Cirebon serta komunitas sepeda lipat Cirebon, mereka menyusuri sejumlah ruas jalan di Kota Cirebon. Sambil memberitahukan kepada masyarakat pentingnya menggunakan masker setiap keluar rumah serta memberikan masker bagi warga yang tidak menggunakannya.

Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., menjelaskan bahwa kegiatan gowes hari ini merupakan upaya sosialisasi yang dilakukan Pemda Kota Cirebon kepada masyarakat. “Sosialisasi terus kita intensifkan di masa AKB ini,” ungkap Azis. Sosialisasi sekaligus mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 masih ada dan belum berakhir. Sehingga walaupun saat ini sudah memasuki AKB dan dituntut untuk produktif, namun protokol kesehatan untuk pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 harus tetap dilakukan.

Caranya, dengan tetap menggunakan masker, melakukan physical distancing serta sering-sering mencuci tangan. Dengan menjalankan protokol pencegahan Covid-19, Azis yakin masyarakat Kota Cirebon bisa terhindari dari paparan Covid-19.

Sementara itu Kasatpol PP Kota Cirebon, Drs. Andi Armawan, menjelaskan jika gowes bersama untuk sosilisasi berbahayanya Covid-19 di masa AKB akan dilakukan secara rutin. “Minggu depan juga tetap akan dilakukan dengan jumlah yang lebih banyak lagi,” ungkap Andi.

Mereka akan menyusuri sejumlah ruas jalan di Kota Cirebon sambil memberikan nasi untuk warga yang membutuhkan serta masker bagi warga yang belum menggunakannya. “Sambil memberikan masker kami juga akan meminta kepada mereka untuk rutin menggunakan masker setiap kali keluar rumah,” ungkap Andi.(Adv).

Loading...