KILASCIREBON I KABUPATEN CIREBON – Pertama kalinya sejak berdirinya perumahan Griya Plumbon Indah sekitar tahun 2005, salat Hari Raya Idul fitri digelar dalam kompleks perumahan. Adanya wabah penyakit Covid-19 atau virus korona, menjadi dasar dilaksanakannya salat id. Minggu (23/5/2020).

Tahun-tahun sebelumnya, warga kompleks Griya Plumbon Indah (GPI) melaksanakan salat id di berbagai lokasi. Hal itu juga disebabkan mayoritas warga perumahan memilih mudik ke kampung halaman. Namun, kali ini ditiadakannya mudik membuat warga memilih salat id dalam kompleks perumahan yang berpenghuni sekitar 80 kepala keluarga.

Sebanyak 150 warga melaksanakan salat id yang digelar mulai pukul 07.00 Wib. Bertindak selaku imam adalah Ustad Sigit. Sedangkan khatib adalah Ustad Benny yang juga merupakan ketua DKM mushola Ar Rohman yang berada dalam kompleks perumahan GPI Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.

Pelaksanaan Sholat Id dengan menerapkan protokol menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sholat Ied digelar mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan persyaratan ketat yaitu hanya warga RW setempat yang boleh ikut, meminta jamaah memakai masker, membawa peralatan sholat sendiri, mencuci tangan sebelum memasuki area sholat, serta melewati pemerksaan suhu tubuh.

Bendahara Pengurus Mushola Ar Rohman, Abah Afif menjelaskan, selain salat id dalam kompleks, pihaknya juga menerima dan menyalurkan zakat fitrah warga. Sebanyak 483.5 Kg beras terkumpul dan disalurkan kepada orang penerima zakat fitrah yang berada di sekitar lokasi perumahan.

“Kami juga menyalurkan zakat berupa uang tunai sebesar Rp 1.870.000 yang berasal dari warga perumahan,” ungkapnya. (JS).

Loading...