Badan Seperti Ditusuk Jarum, Mudah Lelah dan Pusing, Itu Gejala Ini…

Uncategorized4 Dilihat

Kekurangan atau defisiensi vitamin B12 atau juga dikenal dengan istilah hypocobalaminemia dapat terjadi pada siapa saja.

Defisiensi vitamin B12 umumnya disebabkan oleh penggunaan jenis obat tertentu, kekurangan nutrisi, radang kronis di bagian perut serta parasit yang terdapat pada saluran pencernaan.

Namun, kondisi yang mempengaruhi kesehatan psikoligis ini kerap terjadi tanpa disadari oleh penderitanya, kendati beberapa gejala sudah dtunjukan tubuh sebagai bentuk peringatan.

Apa saja cirinya, berikut seperti diambil dari Healthy Food and Home Remedies:

1. Rasa lelah tanpa sebab
Jika anda kerap merasa lelah tanpa alasan yang jelas dan kekurangan energi sepenjang hari, ini bisa menjadi pertanda defisiensi vitamin B12. Hal ini terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah, yang mana salah satu fungsi dari vitamin B12.

2. Pusing-pusing
Kondisi ini juga biasanya dibarengi dengan pusing dan vertigo. Jika bangun terlalu cepat dari duduk atau tidur, dapat menyebabkan anda kehilangan keseimbangan.

3. Mudah lupa
Meski menurunnya daya ingat kerap dikaitkan dengan demensia, namun, sering sekali lupa juga dapat menjadi pertanda dari defisiensi vitamin B12.

4. Merasakan sensasi tertusuk jarum
Defisiensi vitamin B12 juga salah satu alasan mengapa Anda kerap merasa seperti tertusuk jarum. Kurangnya vitamin B12 dapat mengakibatkan rusaknya sistem saraf, yang berkontribusi pada sensasi di atas.

Agar terhindar dari kondisi di atas, perbanyak konsumsi produk berbasis susu, telur dan protein hewani atau juga dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi suplemen vitamin B12. Namun ingat, jangan sembarangan memilih suplemen, pilih yang berkualitas untuk khasiat yang terjamin.(ruf/fajar)