Kampung Tangguh Bebas Narkoba Di Kelurahan Kalijaga Mendapat Penilaian Dari Tim Penilai Lomba KBDN (Kampung Bebas Dari Narkoba) Direktorat Narkoba Polda Jawa Barat

Hukum69 Dilihat

Kota Cirebon ,- Tim Penilai Dari Direktorat Narkoba Polda Jabar,Tinjau Posko Kampung Tangguh Bebas Narkoba Polres Cirebon Kota di Kelurahan Kalijaga, Kamis (14/09/23)

Kampung Tangguh Bebas Narkoba di Kelurahan Kalijaga mendapat penilaian dari Tim Penilai Lomba KBDN (Kampung Bebas Dari Narkoba) Direktorat Narkoba Polda Jawa Barat.

Tim penilai yang dipimpin oleh Kabag Bin Ops Dit Narkoba Polda Jabar, AKBP Herryanto meninjau kesiapan posko dan beberapa program di kelompok tani Ranggon Rengganis RW 15 Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon,

Kabag Bin Ops Dit Narkoba Polda Jabar, AKBP Herryanto menuturkan, pihaknya saat ini sedang mengadakan lomba Kampung Tangguh Bebas dari Narkoba tingkat Polda Jabar, dimana setiap Polres itu wajib memiliki satu kampung yang bebas dari narkoba tak terkecuali di Polres Cirebon Kota.

“Tadi kami menilai kesiapan baik itu secara fisik maupun program-programnya. Ada total 23 Polres di seluruh Polda Jawa Barat salah satunya di sini (Polres Cirebon Kota),” tuturnya

AKBP Herryanto menjelaskan, ada beberapa indikator yang dilaksanakan dalam penilaian mulai dari rencana kerja, anggaran, posko, satgas dan inovasi.

“Termasuk testimoni juga dari masyarakat apakah betul Kampung Tangguh Bebas Narkoba ini memiliki dampak yang signifikan terhadap peredaran narkoba di wilayah Kalijaga, Kota Cirebon,” ungkapnya.

Secara umum, lanjut dia, inovasi sudah cukup baik, ada beberapa yang dilakukan termasuk pembinaan kepada pemuda untuk memiliki dan mempunyai kegiatan yang langsung dibina jajaran kelurahan, RW hingga RT.

“Sehingga mereka disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang positif yang dapat membentengi diri dan tidak mudah terpengaruh oleh mereka yang diluar sana untuk merongrong generasi muda untuk terlibat dalam narkotika dan peredarannya,” terangnya.

AKBP Herryanto menghimbau kepada generasi muda bahwa narkotika adalah hal yang dihindari. Tetapi kita juga harus mengenal apa yang menjadi bahaya dan dampaknya, sehingga setiap pemuda dan masyarakat bisa membentengi diri untuk menjauh dan mengantisipasi.

“Karena peredaran narkoba itu sudah cukup luas dan korbannya pun sudah cukup banyak dari segala macam status sosial maupun lapisan masyarakat,” harapnya

“Sehingga kita, terutama keluarga harus bisa membatasi kemudian mempunyai deteksi dini dengan selalu mengontrol baik terhadap pergaulan maupun pengetahuan terhadap bahaya narkoba terima kasih,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota AKBP Muhammad Rano Hadiyanto S.Ik.,M.M melalui Kasat Narkoba Polres Cirebon Kota AKP Ma’ruf Murdianto S.Pd.,M.Si mengucapkan terima kasih atas penilaian yang diberikan Tim Penilai Lomba KBDN (Kampung Bebas Dari Narkoba) Direktorat Narkoba Polda Jawa Barat.

“Semoga kegiatan ini membawa dampak baik bagi masyarakat Kelurahan Kalijaga,” pungkasnya.(JS)

Komentar