KilasCirebon.com,— Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon yang merupakan salah satu Pangkalan dibawah jajaran Komando Armada I (Koarmada I ) dengan Komandan Letkol Mar Yustinus Rudiman, M.Tr. Hanla., M.Tr (Han) meresmikan Renovasi makam Pahlawan Radja Jacub Ponto bertempat di Dusun Kliwon Desa Sangkanhurip Kecamatan Cigandamekar Kabupaten Kuningan.

Peresmian Renovasi ditandai dengan Penanda tanganan Prasasti dan pemotongan pita bunga oleh Komandan Lanal Cirebon didampingi Forkompinda Kabupaten Kuningan dan keluarga Radja Jacub ponto.

Radja Jacub Ponto adalah Raja Siau ke 14 Sangihe Talaud Keresidenan Manado Sulawesi Utara yang bertahta dari tahun 1851 sd 1890 dan diasingkan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1889 ke Cirebon dan wafat pada tanggal 3 Mei 1890 di Sangkanhurip Kabupaten Kuningan.

Dalam sambutannya Komandan Lanal Cirebon menyampaikan : Renovasi makam Radja Jacub Ponto sebagai penghormatan dan penghargaan kita karena perjuangannya menentang pemerintah Hindia Belanda. Perjuangannya patut kita teladani oleh generasi muda saat ini, terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yg membantu Renovasi makam Radja Jacub Ponto ini.

Disamping itu pihak keluarga dari Radja Jacub Ponto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Kab. Kuningan dan masyarakat setempat yang telah menjaga makam Radja Jacub ponto.

Peresmian Renovasi makam Radja Jacub ponto dihadiri oleh
Perwira staf dan Prajurit Lanal Cirebon, Ny. Dilly Kansil Yustinus (Ketua Jalasenastri Lanal Cirebon), Drs H. Dadan Supardan (Sekda Kab. Kuningan), Forkompinda Kab. Kuningan, Kesultanan Cirebon, Pangeran John F Kansil dari kerajaan Siau, Keluarga besar Radja Jacub Ponto,Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Masyarakat setempat.

(lanalcrb)

Loading...