Coba Deh Cara Efektif Berbahan Alami Ini, untuk Obati Luka

Gaya Hidup62 Dilihat

Kita semua pernah mengalami luka. Terdapat banyak obat rumahan yang bisa dilakukan untuk mengobatinya. Baik yang untuk luka bakar, teriris, tergores atau lainnya.

Namun, apapun obat yang akan kita berikan, pastikan luka tersebut dibersihkan terlebih dahulu agar mencegah infeksi. Biasanya, apabila luka yang ringan dan tergoeres, akan menghentikan darah dengan sendirinya.

Luka, baik yang teriris atau lainnya pada tubuh membutuhkan anti biotic untuk mencegah terjadinya infeksi dari kuman dan bakteri.

Sebagaimana dilansir dari laman Lifehealtandfood.com, berikut ini 4 cara dengan menggunakan bahan rumahan untuk mengobati luka.

  1. Bawang putih. Allicin yang ada pada bawang putih merupakan anti bakteri yang sangat bagus. Antu jamur, dan dapat membantu mengobati hampir semua luka. Caranya, campurkan tiga siung bawang putih yang sudah dihancurkan dan satu cangkir anggur, diblender, kemudian biarkan selama 2-3 jam dan tapis. Terapkan pada luka dengan kain yang bersih 1-2 kali sehari. Ingat, bawang putih dapat merusak kulit, jangan biarkan pada kulit lebih dari 20 menit.
  1. Buah kunyit merupakan agent antiseptic dan antibiotic yang alami. Yang dapat digunakan untuk mengobatai luka ringan, serta mencegah infeksi. Campurkan setengah sendok kunyit ke dalam minyak biji rami, hingga menjadi pasta. Terapkan pada luka tiga kali sehari, untuk mengurangi rasa perih dan mencegah infeksi.
  1. Gel daun lidah buaya. Daun ini dapat mengahalangi peradangan pada luka dan membantu mempercepat penyembuhan luka. Caranya, potonglah tangkai tanaman ini, dan terdapkan pada luka tiap beberapa jam. Jangan lakukan ini kepada luka yang terlalu besar. Yang membutuhkan perawatan medis.

The post Coba Deh Cara Efektif Berbahan Alami Ini, untuk Obati Luka appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar