Kota Cirebon – Rencana alih fungsi posko relawan Percepatan penanggulangan Covid 19 Cirebon menjadi tempat karantina pasien terkonfirmasi Covid 19, masih ada beberapa kendala persiapan sarana dan prasarana penunjang, seperti perlengkapan dapur umum dan tenda logistik serta tabung oxygen.

Namun demikian persiapan terus dilakukan sambil terus berkordinasi dengan berbagai pihak mengenai kelayakan rencana tempat tersebut yang akan menampung masyarakat yg positif Covid 19 bersetatus OTG.

” Kami akan menyiapkan sekitar 15 bad untuk masyarakat yang terkonfirmasi Covid 19 berstatus OTG dan khusus laki-laki. Hal itu karena melihat tidak tertampung nya tempat isoman yang telah disediakan oleh pemerintah,” ujar Prabu Diaz chief Eksekutif Gugus Tugas relawan Covid 19.

Namun masih ada beberapa persiapan yang belum standar, lanjutnya, antara lain ketersediaan tabung oxygen. Karena direncanakan disiapkan 15 bad maka dibutuhkan tabung oxygen minimum 10 tabung ukuran 1,5 M3.

Saat ini yang dimiliki oleh Satgas relawan baru ada 5 tabung oxygen ukuran 1 M3, itupun hanya sebagai cadangan untuk di pinjm pakaikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan dalam pemlihan di kediaman nya.

” Kami saat ini ada lima tabung oxygen ukuran 1 M3. Yang terdiri dari dua invetaris posko, satu pinjaman dari puskesmas Kalijaga dan 2 bantuan dari toko kImia Sari Pagongan Cirebon. kami masih mencari kekurangan nya dengan cara membeli second sehingga harganya tidak terlalu mahal,” ujar Prabu Diaz.

Oleh sebab itu, ia menghimbau kepada masyarakat yang mempunyai tabung oxygen namun sudah tidak digunakan, Diaz mengaku siap membelinya sesui dengan kemampuan anggaran relawan yang semunaya urunan.

( Yad)

Loading...