Seni dan Peningkatan Psychology Anak

Kota Cirebon – Belajar seni musik memiliki banyak manfaat. Diterapkannya pelajaran seni musik dalam dunia pendidikan juga memiliki dampak positif terhadap perilaku siswa. Sebab, saat anak-anak membuat sebuah karya berupa seni musik, dalam prosesnya rasa dan emosi mereka secara tidak langsung sedang dilatih Edy (65) Dosen PLSBT IPB Invada Cirebon.

Drs. C.Edy Supriyadi, M.M.Pd mengatakan bahwa seni itu bisa dikatakan sebagai wujud ekspresi dan seni dalam kehidupan sangat penting yakni sebagai wujud ekspresi. Dan seni juga memiliki fungsi baik secara individu maupun sosial.

Adapun tujuan serta manfaat dalam belajar seni, tujuannya yaitu memberikan pengalaman pada setiap orang untuk bisa lebih kreatif. Sedangkan, manfaat seni sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yaitu: melatih kita agar lebih kreatif, melatih kita agar lebih percaya diri, dan bisa melatih kita agar lebih bertoleransi.

Famela Marcha (22) Mahasiswa PBI IPB Invada Cirebon
Famela menegaskan bahwa bermusik juga dapat dijadikan sebuah hobi. Dengan bermusik atau pun mendengarkan sebuah musik dapat membuat pikiran menjadi tenang.

“Bermusik itu memang bisa bikin pikiran tenang, makanya saya memilih untuk tidak menjadikan hobi sebagai pekerjaan karena hobi itu dilakukan di waktu luang dan itu bisa meningkatkan hal-hal positif dalam pikiran kita dan psychology kita menjadi terarah,” ujarnya

Gentha Adi Suryadi (19) ketua BEM IPB Invada Cirebon mengungkapkan bahwa musik itu sebagai pengungkapan ekspresi karena musik itu adalah sebagai pengekspresian dari banyak orang yang mengekspresikan filnya perasaannya itu melalui musik.

“Kalau fungsi musik sendiri manfaatnya sendiri ya bagi saya pribadi itu sebagai penyejuk hati aja sih penenang itu ketika kita banyak pikiran kita larinya ke musik.” ujarnya. (JS).

Penulis :
1. Aan Andriyani
2. Amanda Shalshabila
3. Gina Agustin
Dosen Pembimbing :
1. Utami Rosalina, M.Pd

Komentar