Daftar Virus Komputer yang Bikin Heboh Indonesia. Nomor 5 Nyebelin Banget

Teknologi66 Dilihat

Virus komputer tentu bukan hal yang asing bagi pemilik komputer. Kerugian yang diakibatkan macam-macam, karena berbeda virus, berbeda pula kerugiannya.

Seperti halnya penyakit pada diri manusia, virus komputer juga terus berkembang menjadi semakin menyebalkan.

Tercatat, nenek moyang virus komputer muncul pada 1981. Program bernama Elk Cloner muncul di komputer Apple II.

Saat itu, program tersebut hanya menampilkan baris kalimat di monitor, yakni, “It will get on your disk It will infiltrate your chip. Yes it’s Cloner! It will stick to you like glue, It will modify ram too Send in the cloner!.”

Sedangkan virus pertama di PC, tercatat muncul pada 1986. Namanya The Brain yang dibuat oleh dua bersaudara asal Pakistan.

Yang menjadi media penyebaran adalah disket. Virus itu punya kemampuan untuk mengendalikan instruksi-instruksi di level DOS.

Setelah itu, berbagai virus terus bermunculan. Pemilik komputer pada akhir 90an dan 2000 mengenal banyak virus. Seperti I Love You, Code Red, Melissa, SQL Slammer, sampai CriptoLocker yang menjadi bagian dari Ransomware.

Berikut rangkuman beberapa virus komputer yang sempat menghebohkan Indonesia:

1. Ransomware Wanna Cry

Kemenkominfo sampai membuat press conference terkait penyebaran virus ini. Sesuatu yang sebetulnya belum pernah dilakukan.

Tetapi, itu harus dilakukan karena Ransomware Wanna Cry dampaknya sangat serius. Mengunci file, dan meminta tebusan yang sangat besar.

Virus itu merupakan salah satu bagian dari banyaknya varian Ransomware. Kemenkominfo sampai meminta saat pekerja mulai beraktifitas pada Senin (15/5), berkoordinasi dengan tim IT untuk melakukan pengecekan.

’’Besok (hari ini, Red) instansi-instansi mulai beraktivitas. Jangan online dahulu,’’ kata Menkominfo Rudiantara.

2. Gadis Mabuk

Malware ini memiliki teknik serangan baru dan membuatnya sempat sulit dihilangkan oleh Facebook. Virus ini tidak memanfaat aplikasi Facebook, melainkan menggunakan add-on browser sehingga pengguna akan memposting secara otomatis si Gadis Mabuk. Virus ini ngetrend pada 2015.

3. Stuxnet

Pada 2010, virus ini menjadi perbincangan. Sebab, sampai dikabarkan merusak program SCADA dan mengancam meledakkan fasilitas nuklir di Iran.

Di Indonesia sendiri, virus ini dikenal sebagai biang kerok kerusakan flashdisk maupun harddisk. Cirinya, fasilitas penyimpanan itu menjadi penuh, mematikan print sharing, memutuskan jaringan, dan membuat komputer menjadi lambat.

4. Win32/Ramnit.F

Malware berjenis Trojan ini bikin sebel karena punya kemampuan mengkloning diri. Ujung-ujungnya, ruang penyimpanan di komputer menjadi penuh. Virus ini, kerap sembunyi dibalik aplikasi Office, dan game.

5. Brontok

Pada 2004-2005, virus ini mulai merajalela. Kepopuleran flashdisk sebagai pengganti disket dimanfaatkan sebagai media penyebaran.

Virus ini melakukan ddos (mengirimkan paket untuk membebani server/jaringan) ke server utama. Virus itu pintar karena bisa membuat windows restart ketika ada aplikasi yang dianggap membahayakan. Virus ini dikembangkan oleh developer Indonesia. (fjr)